Perbedaan Marketing dan Selling

Artikel ini merupakan lanjutan dari post saya sebelumnya yang berjudul Contoh Perusahaan Dengan Rencana Pemasaran Yang Hebat


Banyak artis merasa tidak nyaman ketika datang ke pemasaran karena mereka tidak ingin merasa “memaksa” atau menjadi “tenaga penjualan”. Marketing your Art is not selling.

Penjualan didefinisikan sebagai memberi atau menyerahkan (sesuatu) dengan imbalan uang. Penjualan seni hanya terjadi setelah strategi pemasaran seni produktif melakukan tugasnya dengan menciptakan perhatian pada karya seni.

Dalam marketing, dikatakan bahwa pelanggan harus melihat iklan tujuh kali untuk mengingatnya. Pemasar suka berbicara tentang “The Rule of Seven”: gagasan bahwa orang perlu melihat pesan marketing tujuh kali sebelum mereka mengambil tindakan. (Sumber: Successful Software)

Berikut adalah kiat dan strategi pemasaran karya seni

Anda harus memiliki visi yang jelas tentang tujuan bisnis seni Anda sebelum dapat mengembangkan rencana pemasaran seni yang akan menghasilkan hasil positif.

  • Gaya seni apa yang akan Anda buat dan jual?
  • Apakah Anda akan menjual cetakan giclee?
  • Apakah Anda akan menawarkan layanan seperti mengajar kelas seni swasta atau tutorial online?
  • Berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan?
  • Berapa banyak yang harus Anda jual untuk mencapai tujuan penghasilan Anda?
  • Berapa lama untuk mencapai target penghasilan Anda?

Branding untuk seniman adalah praktik pemasaran di mana seorang seniman membuat logo nama bisnis seni yang memudahkan penggemar mereka untuk mengidentifikasi mereka dan karya seni mereka secara online.

Branding sangat penting karena tidak hanya itu yang membuat kesan yang tak terlupakan pada orang, tetapi memungkinkan pembeli dengan mudah mengidentifikasi Anda secara online.

Merek unik adalah cara untuk membedakan diri dari semua artis lain yang menjual seni secara online. Merek harus benar-benar mewakili siapa Anda sebagai seorang seniman dan bagaimana Anda ingin dipersepsikan.

Harga yang konsisten adalah rahasia untuk penjualan seni yang menggiurkan. Begitu banyak artis yang berjuang untuk mengembangkan strategi penetapan harga. Bagaimana seniman memberi harga pada upaya dan karya seni mereka?

Obat yang paling berguna bagi kebanyakan seniman adalah memilih formula penetapan harga yang sesuai untuk mereka dan memuji tujuan bisnis seni mereka.

Formula harga akan menyederhanakan keputusan bisnis Anda, ditambah lagi membuatnya lebih sulit untuk membahas harga Anda kepada pembeli potensial.

Menurut Inc., manfaat pemasaran konten, adalah:

Semakin banyak posting blog yang Anda terbitkan, semakin banyak orang akan menemukan situs web artis Anda secara online.

Jika Anda belum memulai blog atau membangun situs web, saya sarankan menggunakan WordPress. WordPress adalah solusi e-commerce dan blog sekaligus. Meluncurkan situs dengan platform WordPress cukup mudah.

Banner IDwebhost
Pertama, kunjungi penyedia hosting terbaik  lokal seperti Id Webhost dan pilih paket mana yang paling sesuai untuk tujuan Anda. Pilih nama domain untuk situs web artis Anda. Langkah selanjutnya adalah mengisi informasi akun Anda dan mengonfirmasi paket apa yang ingin Anda daftarkan. Selanjutnya adalah mengisi informasi penagihan Anda dan membuat kata sandi untuk akun Anda.

Setelah selesai, saatnya memilih tema untuk situs web artis baru Anda. Saya sarankan memakai theme LandingPress karya anak bangsa yang sudah terbukti dapat memenuhi kebutuhan untuk e-commerce dan blog, pengoperasiannya sangat mudah bagi pemula dengan tutorial yang lengkap serta support teknis yang sangat bagus. Oh..iya kalau mau beli jangan lupa masukkan kupon “UDAYA” tanpa tanda petik untuk mendapatkan diskon 50%.

Selamat Anda adalah pemilik baru situs web online tempat Anda dapat menjual karya seni Anda.

Kesimpulan tentang apa itu pemasaran seni:

Memiliki fokus yang mampu mengomunikasikan cerita Anda kepada orang-orang yang tertarik dengan apa yang Anda katakan. Tidak masalah jika Anda melakukan pemasaran tradisional atau memiliki strategi pemasaran seni online. Yang penting adalah mempelajari cara menyampaikan pesan. Anda dapat menemukan cara menyampaikan pesan dengan meluangkan waktu untuk mempelajari segala sesuatu tentang pelanggan. Pelajari siapa pelanggan Anda.

Pemasaran seni rupa membuat orang sadar bahwa Anda seorang seniman, dan Anda memiliki seni untuk dijual.

Credit: www.nevuefineartmarketing.com/what-is-art-marketing/

Disclaimer: This post contains affiliate links, which means I will make a commission at no extra cost to you should you click through and make a purchase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.