5 Fakta Menarik Dibalik Viralnya Minuman Boba Kekinian

5 Fakta Menarik Dibalik Viralnya Minuman Boba Kekinian

By Diatmika

Minuman boba kekinian begitu viral di Indonesia, ketika mendengar namanya disebutkan seketika kita akan terbayang minuman dingin yang terdiri dari butiran hitam kenyal yang disajikan di dalam teh susu dengan pemanis sirup dan butiran es yang sangat segar dinikmati apalagi di saat cuaca panas. Lalu apa sebenarnya minuman boba itu? Nah berikut 5 fakta unik seputar boba, minuman kekinian favorit anak muda  yang wajib diketahui :

Apa sih sebenarnya boba itu?

Boba (alias bola hitam kecil yang kenyal di bagian bawah minuman) terbuat dari tapioka, yang merupakan pati bebas gluten yang diekstrak dari singkong. Pada dasarnya boba rasanya hambar dan untuk memberi rasa dia direndam kedalam sirup gula sehingga dia memiliki rasa manis dan warna kehitaman. Minumannya sendiri sebenarnya terbuat dari bahan dasar teh dicampur dengan susu dan penyedap (misalnya sirup gula aren).

Dari mana asal boba?

Boba berasal dari Taiwan, pada awalnya merupakan makanan penutup tradisional masyarakat disana yang disebut Fen Yuan, yaitu puding tapioka manis yang disajikan bersama es dan sirup gula. Dilansir dari suara.com minuman boba kekinian mulai dikenal semenjak 20 tahun yang lalu dikenalkan oleh Liu Han-Chieh, pemilik toko teh “Chun Shui Tang” di Taichung, Taiwan. Dimana Taiwan memang terkenal dengan teh kualitas terbaiknya serta kebiasaan penduduknya minum teh. Semenjak itu banyak yang suka teh boba yang dikenalkan oleh Liu Han-Chieh.

Apa makna dibalik kata “boba” ?

Kata “boba” sebenarnya merupakan bahasa slang China yang berarti ‘dada’.Hmm… coba deh kalian bayangkan sendiri, apa hubungannya ya?

Bagaimana boba menjadi trend di seluruh dunia?

Boba mulai menjadi trend besar di Negeri Paman Sam pada tahun 1990-an dibawa oleh para imigran asal Taiwan, dan seiring dengan adanya kultur nongkrong di resto atau café di daerah tersebut. Dalam perkembangannya sampai saat ini boba sudah menjadi trend di dunia termasuk di Indonesia dengan berbagai macam variasi rasa dan sajian, tidak hanya dalam bentuk minuman tapi juga dalam bentuk makanan.

Apakah boba baik atau buruk bagi kesehatan? 

Pada dasarnya boba yang terbuat dari tapioka sangat minim nutrisi namun karena kombinasi penyajiannya bersama susu, krim dan sirup gula dapat meningkatkan resiko ganguan kesehatan yang serius bagi yang sering mengkonsumsinya. Dilansir dari pri.org satu porsi boba milk tea bisa mengandung 36 gr gula dan itu sebanding dengan sekaleng soda. Tapi jangan terlalu kawatir kalian masih bisa menikmati segarnya minuman boba tanpa merisaukan resiko kesehatan dengan mengatur jumlah gula yang ditambahkan ke dalam minumannya.

Nah.. ternyata boba punya riwayat perjalanan panjang sebelum populer seperti sekarang. Kini kalian sudah tahu apa sebenarnya boba dan tahu cara menikmatinya namun tetap sehat. Jadi, apa rasa boba favoritmu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *